CARA MENGHUBUNGKAN DATABASE DENGAN VB

0
Posted by Labels: at

selamat malam kawan - kawan yang menyukai ilmu komputer, kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang cara mengkoneksikan Database dengan VB, mungkin ada beberapa teman - teman yang bingung bagaimana cara menghubungkan Database dengan VB, dan sekang kita akan menumpas kebingungan teman-  teman :D . Oke kita langsung saja ya kawan - kawan..



1. Oke, langkah pertama sebelum kita menghungkan Database dengan VB, terlebih dahulu kita harus mempunyai Database, cara membuat Databasenya gampang aja Kawan- kawan, langkah pertama buka dulu Program VB di PC nya teman - teman  setelah itu ikuti langkah berikut
klik Add-Ins pada Tool Bar setelah itu pilih Visual Data Manager seperti di bawah ini :














2. Lalu muncul tampilan seperti di bawah, setelah muncul seperti di bawah lanjutkan langkah - langkah nya dengan mengkli File - New - Microsoft Access - Version 7.0 MDB Lalu buatlah suatu Folder untuk menyimpan Database dan project setelah membuat folder simpanlah Database yang telah di Buat seperti di bawah ini :













3. Setelah menyimpan Database-nya sekarang kita akn membuat Table dan  Field  tablenya dengan cara mengklik kanan pada dinding Database Window lalu pilih New Table setelah muncul tambilan selanjut-nya isi lah terlebih dahulu Table Name untuk sebagai Nama Table Database yang kita buat, setelah itu Klik Add Field dan setelah itu  isilah apa yang kita akan jadi kan  Field nya dan isi lah juga type Field  dan Size Field nya, lalu klik Ok dan Close maka akan Muncul tampilan Seperti di bawah ini, dan setelah itu Klik Build The Table, dan jadilah Database nya :)















4.  Setelah jadi Database nya maka kita akan mengkoneksikan Data dengan text - text ( isi lah datasource dengan "data1" ) yang telah kita buat, DB grid dengan Data ( isi lah datasource dengan "data1" ) dan menghubungkan Data dengan Database ( isi lah DatabaseName dengan " memilih database yang tadi kita buat, lalu isi Ricordsource dengan " nama table yang kita buat"  seperti di bawah ini :















    





Sekian Postingan dari Saya, Semoga bermanfaat bagi teman - teman yang kesulitan dengan menghungkan Database dengan VB, salam Ilmu Falen. :)














5. Langkah Terakhir berikut koding - koding yang harus di isi :
    


 



















Post a Comment

Back to Top